Friday, September 15, 2017

BUDIDAYA HIDROPONIK PT NATURAL NUSANTRA INDONESIA

HOME : BUDIDAYA HIDROPONIK PT NATURAL NUSANTRA INDONESIA

Penaman secara Hidroponik secara umum dilakukan dengan dua cara ,yang pertama dengan menggunakan media keras,Media yang di pergunakan ,bisa berupa sabut kelapa ,serat mineral ,pasir, pecahan batu bata, serbuk kayu, dan lain lain .sebagai pengganti media tanah .cara kedua adalah mengunakan larutan akarnya ,hanya dengan larutan bernutrisi ,cara ini dapat megunakan teknik larutan statis atau larutan alir.

Cara penaman yang lebih canggih telah di terapkan olah Nasa ,dikenal dengan nama Aeroponik.




BUDIDAYA HIDROPONIK PT NATURAL NUSANTRA INDONESIA

KULTUR LARUTAN DIAM
Dengan cara ini ,tanaman disemai pada media tertentu yang terapung di atas larutan nutrisi ,Larutkan dapat dialirkan secara perlahan atau tidak di alirkan secara perlahan atau tidak dialirkan sama sekali.Ketinggian larutan dijaga serendah mungkin sehingga akar tanaman berada di atas larutan,dan dengan demikian tanaman akan cukup memperoleh oksigen ,Tempat bak bisa disesuaikan dengan pertumbuhan tanaman ,Bak yang tembus pandang sebaiknya ditutup dengan bahan kedap cahaya untuk menghindari cahaya sehingga dapat menghindari tumbuhnya lumut di dalam bak .Untuk menghasilkan gelembung udara yang memasok oksigen dalam larutan ,dapat digunakan pompa akuarium ,ketinggian larutan harus dijaga dan apabila larutan di bawah ketinggian tertentu diisi kembali dengan air atau larutan bernutrisi yang baru.

KULTUR LARUTAN ALIR

Dengan cara ini ,larutan nutrisi dialirkan dari tangki secara terus menerus melewati akar tanaman, kultur ini lebih mudah untuk pengaturan karena larutan bernutrisi dapat diatur dari tangki besar yang bisa dipakai untuk banyak dipakai dalam penaman hidroponik.adalah teknik lapisan nutrisi [Nutrient Flim Technique,NFT] sistim ini menggunakan parit bantuan yang terbuat dari lempengan logam tipis anti karat,dan tanaman disemai diparit tersebut ,disekitar saluran parit tersebut dialirkan air mineral bernutrisi sehingga sekitar tanaman akan terbentuk lapisan tipis yang dipakai sebagai makanan tanaman .
Parit dibuat dengan aliran air yang sangat tipis lapisannya sehingga cukup melewati akar dan menimbulkan lapisan nutrisi disekitar akar dan terdapat oksigen yang cukup untuk tanaman .

AEROPONIK
Dengan cara ini ,akar tanaman tergantung diudara dalam ruangan yang disemprot larutan nutrisi baik secara kontinyu maupun tidak kontinyu. keuntungan dari sistem ini, akar mendapatkan cukup oksigen. sistem ini dikenalakan pertama kali tahun 1983 oleh richard spooner dan menjadi salah satu cara yang sukses dalam penanaman kentang, tomat, dan sayuran berdaun kecil. selain itu penggunaan nutrisi juga lebih rendah, hampir seperempat dari kebutuhan hidroponik secara normal. NASA menjadi tertarik dengan sistem ini karena penanganan sistem penyemprotan lebih mudah dibandingkan penanganan cairan pada ruangan tanpa gaya gravitasi seperti dalam pesawat angkasa luar. tanaman juga dapat dipindahkan ke media tanah atau media penanaman lainnya tanpa berpengaruh pada kecepatan tumbuh karena penyesuaian dengan lingkungan baru. namun demikian sistem ini memerlukan investasi yang ttinggi dibandingkan sistem hidroponik biasa. 


BUDIDAYA HIDROPONIK PT NATURAL NUSANTRA INDONESIA



KULTUR MEDIA AGREGAT 

penanaman dengan cara ini menggunakan media tanam berupa kerikil, pasir, aang sekam, batu bara, dan media lainnya yg di setrilkan terlebih dahulu sebelum dipergunakan untuk mencegah adanya bakteri di media. pemberian nutrisi dilakukan dengan teknikmengairi media tersebut dengan pipa dari air larutan bernutirsi yang ditampung dalam tangki atau tong besar.




Beberapa cara penanaman hidroponik dikembangkan dari kultur dasar untuk tujuan peningkatan efisiensi ,Ebb & flow atau flood dan drain sub -irrigation menggunakan tangki larutan nutrisi yang ditempatkan dibawah ketinggian tanaman yang ditanam ,dimana larutan nutrisi dipompakan secara berkala dan kemudian dialirkan kembali ketangki .Penggaliran dilarutkan nutrisi ini dapa secara mudah dilakukan dengan mekanisme automatik.




Penggunaan bahan yang didapat menampung air yang relatif cukup banyak tetapi memiliki cukup rongga yang dapat ditempati udara seperti vermiculite ,perlite,fibreglass atau pasir kasar ,dikembangkan juga untuk penanaman hidroponik ,larutan nutrisi diatur menggunakan timer dan jumplah larutan nutrisi yang di alirkan di kontrol disesuaikan dengan beberapa faktor seperti temperatur ,ukuran tanaman dan bahan yang digunakan sebagai media tanaman ,cara ini digunakan secara luas dalam penanaman sayuran seperti mentimun dan tomat.

Cara penaman yang di kenal sebagai Deep Water Culture menumbuhkan tanaman secara menggembang diatas larutan nutrisi ,tanaman ditahan menggunakan jaringan dengan akar tanaman didalam air ,Larutan nutrisi aliri gelembung udara yang memperkaya oksigen dalam larutan yang berguna bagi akar untuk tumbuh .pada masa awal ertumbuhan akar ,larutan nutrisi dipompakan melalui pembentuk gelembung untuk memperkaya kandungan oksigen didalam larutan yang terbukti membantu pertumbuha akar dari tanaman .Metode ini di kenal sebagai metode bubleponic

teknik sederhana bercocok tanam sayuran Hidroponik -sayaran merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat bermanfaaat untuk kesehatan ,dengan memanfaatkan halaman perkarangan ,berbagai jenis sayuran dapat dihasilkan untuk sekedar memenuhi kebutuhan sendiri ,namun tidak demikian halnya pekarangan pada umumnya sempit ,dan tidak jarang sudah dilapisi dengan semen sehingga tidak dapat dimanfaatkan untuk bertanam sayuranya.

Teknologi hidroponik bisa menjadi alternative.untuk sarananya bisa menggunakan paralon /bekas aqua. hodoponik dengan cara ini dapat di terapkan oleh siapa aja karena sangat mudah .Tanaman dapat ditempatkan dimana aja .yang penting pada saat hujan tanaman tidak kehujanan ,kalau kehujanan larutan nutrisi akan menjadi lebih encer dari yang seharusnya .

Sebagai sudah diketahui bahwa untuk pertumbuhanya tanaman memerlukan sinar matahari .dalam satu hari tanaman minimal membutuhkan 5 jam penyinaran tetapi dengan intensitas yang rendah ,sinar matahari yang terik tidak baik untuk tanaman . tanaman yang cocok untu tanaman dengan teknologi ini adalah tanaman sayuran daun seperti selada ,pakcoy,caisim, bayam,kangkung, dan sebagainya .Menurut standar FAO .kebutuhan sayuran adalah 65 kg/kapita/tahun. adapun komsumsi rata rata orang Indonesia adalah baru 34,5 kg/kapita/tahaun .gambar dan penjelasan dibawah ini di harapkan dapat membantu Anda menjadi lebih mudah menghadapi teknologi hidroponik sederhana ini.

Alat dan bahan yang diperlukan .

  • Hidroponik kit untuk bercocok tanam .dapat dibuat dari paralon media tanam .Rockwool, Rockwool terbuat dari bantuan volkanic yang dipanaskan sedemikian rupa sehingga akhirnya terbentuk serat serat ,Media ini steril dari sumber hama ,penyakit dan gulama .
  • Untuk cara menggunakan bekas aqua bisa lihat gamabar dibawah ini.

    Teknik sederhana bercocok tanam sayuran Hidroponik

    Benih sayur .Beragai jenis sayuran daun dapat ditanam dengan teknologi ini. Misalnya kangkung ,selada pakcoy caisin dan sebagainya .nutrisi hidroponik .tanaman mendapatkan unsur hara dari larutan ,maka larutan tersebut harus mengandung nutrisi .

    semaikan benih kemedia yang sudah disiapkan ,pilih benih yang bernas [berisi] gunakan pinset .benih dibenamkan kemedia sedalam kira kira 2-5 mm
    Penyiraman benih yang sudah disemai media tanam menjadi bahas ,gunakan air ,sebum mengunakan pupuk.tutup kit dengan plastic selama 3-5 hari ,tujuannya agar media jadi lembab dan selalu hangat sehingga berkecambahan akan mudah benih akan berkecambah setelah 3-5 hari.

    isi hidroponik kit dengan larutan nutrisi dengan POC NASA  + HORMONIK Sampai menyentuh bagian bawah dari media tanam .

    Hidroponik kit harus diletakan pada tempat yang datar...,mendapat sinar matahari dan sebaiknya tidak kena hujan . apabila nutrisi berkurang tambahkan lagi larutan nutrisi setelah 30 hari ,sayuran sudah bisa dipanen ,tergantung jenis sayuran dan sinar matahari .teknik ini sangat minim pemeliharaan.

    Suka dengan infomasi ini ??..
    yuk Like and Share ,biar lebih banyak ornag yang tahu tentang dunia pertanian yang semakin modern dan menarik untuk di ketahui.

    =============================

    [ADS ]Produk Nasa Indonesia 

  • Bidang Pertanian 
MENYEDIAKAN PUPUK & Pestisida [Organik ] dan penunjang peningkatan produksi.
Pertanian - Perkebunan - Perternakan - Perikanan 




  • BIDANG KESEHATAN 
Menyediakan produk herbal berkualitas 

  1. CRYSTAL X  untuk menghilangkan keputihan ,menghilangkan bau tidak sedap, dan merawat miss v Anda.
  2. HERBASTAMIN Untuk menambah stamina dan vitalitas pria dewasa.
  3. HU HWANG TEA adalah teh rempah minuman para raja untuk mempercepat menurunkan dan membuang kolestrol dalam tubuh.
  4. NATURAL BRAIN POWER  [ ENBEPE ] Suplemen kesehatan ,mengoptimalkan dan memperbaiki fungsi otak

  • BIDANG KECANTIKAN 
  • AYLA BREAS CARE Diformulasikan khusus bagi wanita khusus untuk merawat kekencangan kulit disekitar payudara.
  • Collaskin ,Collagen soap dan Drink merupakan perawatan kulit dari luar dan dalam sehingga kulit menjadi lebih kenyal ,padat dan awet secara alami.
  • Moreskin cosmetic skin care sangat efekstif membantu mencerahkan ,meningkatkan ,kekencangan, kulitdan kadar air didalamnya sehingga wajah menjadi cerah ,sehingga wajah menjadi cerah ,beris ,kenyal, kencang, dan segar.
  • EXTRASLIM ,Efektif membantu menurunkan berat badan secara alami 
  • GRACE Anti Perspirant ,menghilangkan bau ketiak, dan bau kaki serta menghilangkan segala macam problem pada kulit seperti gatal kutu air dan penyakit kulit lainnya..

    KONSULTASI DAN PEMESANAN
    SMS/WA : +62 852 0203 3625 / 0852 3127 1500

    AD FACEBOOK KAMI :
    https://web.facebook.com/SudjokoNasaKediriKangaroo



No comments:

Post a Comment

BUDIDAYA HIDROPONIK PT NATURAL NUSANTRA INDONESIA

HOME : BUDIDAYA HIDROPONIK PT NATURAL NUSANTRA INDONESIA Penaman secara Hidroponik secara umum dilakukan dengan dua cara ,yang pertama de...