Thursday, September 14, 2017

BUDIDAYA IKAN DAN TANAMAN DENGAN AQUAPONIK

HOME : BUDIDAYA IKAN DAN TANAMAN DENGAN AQUAPONIK 

BUDIDAYA IKAN DAN TANAMAN DENGAN AQUAPONIK


Jika Anda menggetahui hidroponik, budidaya tanaman dengan memanfaatkan air sebagai media tanamnya,apakah Anda juga mengetahui Aquaponik ??...

Aquaponik merupakan kombinasi antara hidroponik dengan budidaya hewan di air [ aquakultur] .Hewan yang dimaksud dalam budidaya ini adalah ikan . Teknik budidaya ini memungkinkan Anda untuk menggembangkan tanaman serta ikan secara bersamaan dalam satu tempat dan satu waktu .
Harga dan vitamin atau nutisi yang dibutuhkan untuk budidaya tanaman secara hidroponik biasanya mahal harganya .begitupula budidaya hewan di air ,membutuhkan biaya yang tidak sedikit ,selain harus memberi pakan sehat, Anda juga harus membersihkan kolam secara berkala agar ikan dapat tumbuh dengan baik .

Pada proses aquaponik ini Anda tidak perlu repot membeli pakan dan nutrisi untuk keduanya ,Dalam hal ini Anda tidak mengeluarkan dana yang banyak untuk keduanya ,hal ini terjadi karena tamanan mendapatkan sumber makanan . dari limbah kotoran ikan ,sementara ikan mendapatkan air sebagai tempat hidup ,setelah air dimurnikan oleh tanaman .

Siklus dalam proses aquaponik ,yaitu siasa pakan yang dihasilan ikan dalam bentuk feses akan terakumulasi di dalam air ,fases dengan kandungan nitrat dan aroma ini bersifat toksin atau racun bagi ikan , namaun sebenarnya kaya nutrisi jika dijadikan sumber hara bagi tanaman .pada saat bahan makanan, di saat yang sama tanaman menyuling air dari bahan berbahaya yang kemudian dikembalikan lagi ke kolam ikan .

Aquaponik juga bisa dilakukan di rumah seperti hedroponik ,Untuk membuat budidaya dengan sistim ini, yang Anda butuhkan adalah beberapa komponen sebagai berikut :

  • Kolam atau tangki pemeliharaan ikan .
  • Grow beds atau tempat untuk menanam tanaman biasanya dipakai dalam sistem aquaponik pasang surut .sistem pasang surut air dalam grow beds bisanya dikontrol dengan menggunakan alat bernama Auto siphon.
  • Filter di perlukan agar kualitas air menjadi terjaga dan juga kejernihanya ,selain itu dengan filter kita bisa mencegah terjadinya penyumbatan kotoran dalam pipa .
  • Sump tank [bak penampung air ]Tidak semua sistem Aquaponik membutuhkan sump tank, akan tetapi sump tank biasanya di pakai dalam sistem pasang surut ,Volume sump tank harus mampu menampung semua air dalam grow beds sebelum dipompa kembali kekolam ikan .
  • Pompa digunakan untuk memindahkan untuk memindahkan air dari titik rendah dalam sistem [misalnya sump tank ] ketitik tertinggi [misalnya tangki ikan ] pompa harus mampu mempompa air dalam kolam atau sump tank sampai habis dalam waktu 1 jam .pompa harus mampu menggerakan air secara fartikal .
  • Media tanam berguna sebagai penyangga tanaman agar bisa tumbuh ,pilih midia tanam yang tepat .ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ,antara lain pori pori dan keawetan [tdak mudah busuk ] .untuk sistem pasang surut kita bisa memakai pecahan genting ,batu slip buat cor, arang kayu bakar ,batu apung ,atau juga bisa hidroton .untuk sistem NFT kita bisa menggunakan media tanam Rock wall atau juga bisa kain Flanel.
  • Pemberian Produk NASA untu mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh ikan yaitu ,VITERNA Dicampur 1 liter air per 5 kg pakan ikan diberikan setiap hari pada waktu pagi dan sore.

    Beberapa tanaman sayuran cocok untuk budidaya dengan teknik aquaponik ,seperti okra, tomat, paprika, selada, kemangi ,boncis, kol, kacang polong, tales ,bawang, ubi ,jalar, stoberi, hingga rempah rempah .bumbu dapaur .sementara itu ,ikan ikan  yang dapat dipelihara adalah jenis air tawar seperti ikan mas ,nila, patin, belut, hingga lobster air tawar.

    Apakah anda tertarik membuat aquaponik di rumag ??... selain di nikmati untuk komsumsi sehari hari ,peluang ini juga bisa mendatangkan keuntungan bagi anda .Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda .
    Selamat Mencoba .

No comments:

Post a Comment

BUDIDAYA HIDROPONIK PT NATURAL NUSANTRA INDONESIA

HOME : BUDIDAYA HIDROPONIK PT NATURAL NUSANTRA INDONESIA Penaman secara Hidroponik secara umum dilakukan dengan dua cara ,yang pertama de...